Allianz Indonesia Pertahankan Posisi Melalui Pertumbuhan Premi yang Kuat
Jakarta, 3 September 2012
Pendapatan Premi Bruto (GWP) Gabungan Tumbuh 56%
Total Aset Gabungan bisnis asuransi jiwa dan umum mencapai lebih dari Rp18 triliun
Allianz Life Hadirkan Layanan Fast Claim Bagi Produk Asuransi Kesehatan
Allianz Utama Luncurkan Kartu Kecelakaan Diri “Kartu ProteksiKu”
Allianz Indonesia mencatat kinerja keuangan yang kuat di semester 1, tahun 2012. Pendapatan premi bruto (GWP) gabungan tumbuh 56% menjadi Rp 5.1 triliun dari sebesar Rp 3.3 triliun di periode yang sama di tahun 2011. Hingga 30 Juni 2012, total aset dari bisnis asuransi jiwa dan umum mencapai lebih dari Rp 18 triliun, meningkat 41% dibandingkan periode yang sama di tahun 2011. “Pencapaian saat ini menunjukkan kami saat ini berada pada jalur yang tepat. Kami optimis untuk dapat melalui tahun ini dengan pertumbuhan yang berkelanjutan,” ujar Joachim Wessling, Country Manager dan Presiden Direktur Allianz Life Indonesia.
Allianz Indonesia akan memanfaatkan pertumbuhan yang stabil ini selama tahun ini untuk semakin memperkuat posisinya di pasar asuransi di Indonesia. “Dengan terus meningkatkan proses internal, inovasi produk dan kualitas pelayanan kami akan dapat meningkatkan kepuasan nasabah kami. Selain itu, kami juga mempertahankan dan secara terus menerus memperluas jaringan distribusi kami agar dapat mempermudah nasabah untuk mendapatkan layanan kami dan juga memberikan nilai tambah melalui inovasi berbasis teknologi,” tambah Joachim.Allianz life Indonesia : Pertumbuhan premi di semua lini bisnis
Allianz Life Indonesia mencatat pertumbuhan GWP 68%, dari RP 2,9 triliun pada semester 1 2011 menjadi Rp 4,8 triliun pada semester 1 2012. Pertumbuhan GWP ini disebabkan oleh peningkatan pendapatan premi dari bisnis asuransi jiwa individu. Jalur distribusi bancassurance menjadi jalur distribusi dengan kontribusi terbesar bagi Allianz Life dengan 69% dari total GWP, sedangkan jalur distribusi keagenan berkontribusi 22% dari total GWP. Selama semester 1 2012 ini, Allianz Life telah membayarkan klaim lebih dari Rp 1.9 triliun kepada nasabahnya.
“Kami bangga dapat terus mempertahankan posisi kami sebagai salah satu pemimpin pasar. Peningkatan pendapatan premi yang signifikan terjadi di seluruh lini bisnis kami menunjukkan keseimbangan yang tepat untuk fokus pada pertumbuhan dan memberikan layanan terbaik kepada nasabah, agen, karyawan dan mitra bisnis kami,” ujar Joachim.
Sebagai salah satu komitmen kami untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, pada tanggal 3 September 2012, bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, Allianz Life akan meluncurkan layanan fast claim dalam 30 menit yang berlaku untuk produk-produk asuransi kesehatan berikut: Flexi Care, Allianz Medicare, AlliSya Hospital Care, AlliSya Hospital Income dan My Health, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. "Dengan layanan fast claim, nasabah kami dapat dengan cepat mengetahui keputusan atas klaim yang diajukannya hanya dalam waktu 30 menit," Joachim menambahkan.Allianz Utama Indonesia: Fokus pada bisnis ritel
Per 30 Juni 2012, Allianz Utama mencatatkan total GWP sebesar Rp 290 miliar, atau mengalami penurunan sebesar 27,6% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2011. Keadaan tersebut terjadi karena Allianz Utama memfokuskan diri pada restrukturisasi bisnis, penegakan disiplin underwriting dan proses penyeleksian risiko dengan berorientasi pada portfolio bisnis jangka panjang dan berkelanjutan. “Kami bertujuan mengurangi biaya klaim secara signifikan di kuartal kedua tahun ini dan terus meningkatkan profitabilitas dari portfolio bisnis kami. Kami akan tetap fokus untuk terus mendorong perluasan layanan kami di bisnis ritel yang saat ini sedang bertumbuh pesat dengan tetap mempertahankan segmen bisnis komersial yang telah menjadi pilar utama bisnis kami selama bertahun-tahun,” ujar Daniel Neo Presiden Direktur Allianz Utama.
Di semester pertama 2012, Allianz Utama telah melakukan pembayaran klaim sebesar lebih dari Rp 155,4 miliar kepada para nasabahnya. Allianz Utama berhasil menurunkan rasio klaimnya di kuartal kedua (periode April hingga Juni 2012) menjadi 52% dibandingkan dengan 88% di kuartal pertama (periode Januari hingga Maret 2012). Combined Ratio di kuartal kedua 2012 juga mengalami penurunan menjadi 103% dari sebesar 144% di kuartal pertama 2012.
Penekanan fokus pada bisnis ritel didukung oleh hadirnya produk asuransi kecelakaan diri dalam bentuk sebuah kartu dengan harga terjangkau serta aplikasi dan proses aktivasi yang mudah, yaitu KartuProteksiKu.
“Kami optimis bahwa produk ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat. Kartu ini memiliki nilai pertanggungan yang cukup besar dan membutuhkan proses aktivasi dengan langkah yang mudah, semudah mengisi ulang pulsa prabayar telpon genggam Anda,” tambah Daniel.Tentang Allianz Group
Berdiri di Jerman pada tahun 1890 dengan pengalaman lebih dari 100 tahun pada industri layanan keuangan, allianz Group berkomitmen untuk memberikan layanan keuangan secara luas yang mengutamakan pelayanan terhadap nasabah.Tentang Allianz Asia
Allianz berada di kawasan Asia Pasifik sejak 1917, saat ini Allianz telah beroperasi pada 15 pasar diseluruh kawasan dengan jumlah karyawan lebih dari 20,000 dengan menawarkan layanan asuransi umum, asuransi jiwa dan kesehatan serta aset manajemen. Saat ini Allianz telah melayani kebutuhan kepada lebih dari 20 juta nasabah di selurauh kawasan Asia Pasifik.Tentang Allianz Indonesia
Bersama dengan nasabah dan mitra penjualan, Allianz adalah salah satu komunitas keuangan terkuat. Lebih dari 80 juta nasabah pribadi dan korporasi mengandalkan pengetahuan, jangkauan global, kekuatan modal dan kesolidan Allianz untuk membantu mereka memanfaatkan peluang keuangan serta untuk menghindari dan menjaga diri terhadap risiko.
Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Saat ini, Allianz di Indonesia adalah salah satu grup perusahaan asuransi terdepan yang telah dipercaya untuk melayani lebih dari 2 juta tertanggung di Indonesia dan memiliki jaringan mitra bisnis yang luas dengan lebih dari 80 kantor di lebih dari 44 lokasi diseluruh Indonesia.